In House Training – Pelatihan Kantor Sendiri/PKS-Sosialisasi JF-P2UPD bagi APIP di Lingkungan Inspektorat Kota Dumai

inhouse-training-news

inspektorat.dumaikota.go.id, Dumai -Pada hari Jumat tanggal 25 Oktober 2013 Inspektorat Kota Dumai melaksanakan kegiatan Sosialisasi JF-P2UPD (Jabatan Fungsional – Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah) bagi APIP di Lingkungan Inspektorat Kota Dumai dengan mengundang narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (ITJEN KEMENDAGRI) Ir. SUTEDJO, M.M. selaku Inspektur Wilayah II dan Drs. AHMAD, Kasubbid Administrasi Jabatan Fungsional dari Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Inspektur Kota Dumai, Drs. H.M. NIZAM, M.Si. Adapun peserta berasal dari internal maupun eksternal (undangan) Inspektorat Kota Dumai, diantaranya Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Dumai, Kepala Bagian dan Kasubbag Kelembagaan pada Bagian Organisasi Setda Kota Dumai, Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai serta Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai dari Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Dumai.

Ir. SUTEDJO, M.M. dalam pemaparannya menekankan pada peran JF-P2UPD dalam penyelenggaraan pemerintah daerah terkait Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 15 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah dan Angka Kreditnya. Dengan demikian Inspektorat Kota Dumai dalam hal ini telah melakukan berbagai persiapan terkait JF-P2UPD, salah satunya dengan melakukan penyesuaian inpassing kepada beberapa pejabat struktural di Lingkungan Inspektorat Kota Dumai kedalam JF-P2UPD.

Sejalan dengan itu, P2UPD atau disebut juga Pengawas Pemerintah harus dibekali dengan diklat, sosialisasi atau PKS sehingga kemampuan dari Pengawas Pemerintah terhadap tugas pokok dan fungsi P2UPD maupun pemahaman tentang jenjang jabatan dan penilaian angka kreditnya dapat dikuasai dengan baik.

Begitu pula Standar Operasional Prosedur P2UPD maupun mekanisme dan koordinasi kerja antar jabatan – struktural dan fungsional – maupun fungsional (P2UPD) dan funsional (Auditor) harus dapat disinergikan, sehingga menghasilkan sistem kerja dan output yang lebih optimal, efisien dan efektif. Demikian disampaikan oleh Drs. AHMAD dalam sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung di Aula Ruang Rapat Inspektorat Kota Dumai. Acara Sosialisai JF-P2UPD berlangsung selama satu hari, dan kegiatan ditutup oleh Sekretaris Inspektorat Kota Dumai Drs. CHAIRUDDIN ADNAN.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *