INSPEKTORAT KOTA DUMAI IKUTI SOSIALISASI DAN DISKUSI PENINGKATAN PERANAN APIP DALAM PENGADAAN BARANG JASA PEMERINTAH

inspektorat.dumaikota.go.id, Dumai – Bertempat di Hotel Padjajaran & Suite, Bogor, berlangsung kegiatan sosialisasi dan diskusi peningkatan peranan APIP melalui Advokasi, Penyelesaian Sanggah, Penanganan Permasalahan Hukum dan Whistleblowing System dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

Acara digelar oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) dengan mengundang seluruh APIP dari K/L/D/I selama tiga hari (20 s/d 22 Nopember 2013). Inspektorat Kota Dumai mengirimkan peserta sebanyak 3 orang (kuota LKPP) guna mengikuti dan terlibat aktif pada acara tersebut.

Acara dibuka oleh Ir. Reifeldi, M.Eng selaku Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah – Direktorat Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wilayah I dari LKPP. Dalam sambutannya mengharapkan adanya kerjasama antara LKPP dan APIP di K/L/D/I dalam rangka membantu LKPP sebagai perpanjangan tangan dalam mengatasi penyelesaian sanggah maupun dalam memberikan advokasi pengadaan barang jasa pemerintah.

“Rentang kendali yang luas dan terbatasnya personil di LKPP, maka posisi dan peranan APIP pada masing-masing K/L/D/I sangat srategis dalam membantu penyelesaian permasalahan maupun memberikan advokasi dalam pengadaan barang jasa pemerintah. Diharapkan tercipta pelaksanaan pengadaan barang jasa pemerintah yang taat aturan dan mampu mencegah terjadinya KKN baik didalam proses pengadaan (sebelum kontrak) maupun setelah pelaksanaan kontrak”. Demikian disampaikan Ir. Reifeldi, M.Eng dalam acara yang dihadiri oleh 74 peserta/APIP dari berbagai  K/L/D/I seluruh Indonesia.

Pada akhir acara, pihak LKPP meminta saran dan masukan dari peserta kegiatan, sebagai upaya kerjasama dalam rangka peningkatan peranan APIP dalam pengadaan barang jasa pemerintah dan rencana tindak lanjut bagi LKPP pada tahun berikutnya. #I.M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *