Informasi

Selamat datang di situs resmi Inspektorat Kota Dumai. 

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, Inspektorat Kota Dumai meluncurkan situs ini sebagai upaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan keterbukaan informasi publik.

Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mendukung terciptanya good governance dan clean government diantaranya melalui peraturan perundang-undangan, yakni di dalam ketetapan MPR RI Nomor XI/MPR/1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, yang kemudian dilanjutkan dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Dengan adanya situs ini masyarakat Kota Dumai dapat mengakses informasi sehubungan dengan tugas dan fungsi Inspektorat Kota Dumai sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 serta Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI yang memberikan karakteristik tersendiri atas instansi Inspektorat Kota Dumai

Dalam situs ini disediakan layanan pengaduan bagi masyarakat yang ingin memberikan informasi atas indikasi dugaan tindak pidana korupsi di mana kami menjamin kerahasiaannya demi penegakan hukum dan akan diterima oleh pihak kami dengan penanganan secara profesional.

Kepala Inspektorat Kota Dumai

Drs. H.M NIZAM, M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19570610 198303 1 004

 

 

Sekilas Kota Dumai

Kota Dumai adalah sebuah kota di Provinsi RiauIndonesia, sekitar 188 km dari Kota Pekanbaru. Sebelumnya, kota Dumai merupakan kota terluas nomor dua di Indonesia setelah Manokwari. Namun semenjak Manokwari pecah dan terbentuk kabupaten Wasior, maka Dumai pun menjadi yang terluas. Tercatat dalam sejarah, Dumai adalah sebuah dusun kecil di pesisir timur Provinsi Riau yang kini mulai menggeliat menjadi mutiara di pantai timur Sumatera.

Kota Dumai merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Diresmikan sebagai kota pada 20 April 1999, dengan UU No. 16 tahun 1999tanggal 20 April 1999 setelah sebelumnya sempat menjadi kota administratif (kotif) di dalam Kabupaten Bengkalis. Pada awal pembentukannya, Kota Dumai hanya terdiri atas 3 kecamatan, 13 kelurahan dan 9 desa dengan jumlah penduduk hanya 15.699 jiwa dengan tingkat kepadatan 83,85 jiwa/km2.